Pages

Labels

Jumat, 09 November 2012

Memahami Pengertian Software Aplikasi


Memahami Pengertian Software Aplikasi



Ilustrasi pengertian software aplikasi

Pengertian software aplikasi, yaitu suatu program komputer yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti membuat dokumen, memanipulasi foto, membuat laporan keuangan, atau merancang rumah. Meski sekarang sudah banyak program software aplikasi yang kita temui, masih banyak yang belum mengerti apa itu pengertian software aplikasi. Mungkin hanya bagi mereka yang berkecimpung di dunia komputer saja yang mengetahuinya. Bagaimana dengan kita yang masih awam ini? Apa itu pengertian software aplikasi.
Pengertian software aplikasi tidak lepas dari beberapa macam program pembangunnya, yaitu terdiri dari software hiburan, pendidikan, bisnis, perangkat lunak khusus, serta produktivitas kerja. Kita bisa mengetahuia penegrtian software aplikasi tidak hanya secara harfiah atau terminologinya saja, tetapi kita juga bisa mengetahui pengertian software aplikasi dari produk software aplikasi tersebut. Misalnya jika kita akan menggunakan software aplikasi multimedia, secara tidak langsung kita akan mengerti pengertin software aplikasi dari multimedia, bahkan sampai ke fungsinya.

Pengertian Software Aplikasi – Perangkat Lunak Penunjang Kerja

Perangkat lunak penunjang produktivitas kerja memberikan peranan yang sangat bermanfaat untuk optimalisasi mutu kerja. Terutama bagi mereka yang bekerja di bidang programer atau desain grafis, bisa juga arsitektur, sangat memerlukan program aplikasi software, itu artinya pengertian software aplikasi sangat penting bagi mereka. Anda yang bekerja di bagian admistrasi atau pencatat kelengkapan informasi, pekerjaan Anda tidak akan jauh-jauh dari program software aplikasi, seperti Excel.
Pengertian software aplikasi sangat pentng bagi mereka yang bekerja membuat iklan atau advertisment misalnya. Untuk mendesain iklan mulai dari menentukan ide, proses penentuan gambar, proses brainstroaming, briefing awal dan akhir dan sebagainya, sangat terbantu dengan program software aplikasi ini. Jadi, pengertian software aplikasi di sini lebih kepada fungsi dan manfaat praktisnya. Demikian halnya dengan pekerjaan yang membutuhkan program software aplikasi, harus memahami pengertian software aplikasi tidak hanya secara harfiah tetapi juga praktis.
Pengertian software aplikasi juga diperlukan untuk orang awam. Pernahkah Anda tiba-tiba di suruh atasan untuk membuat brosur padahal Anda tidak pernah membuatnya sebelumnya. Jika Anda tidak mengetahui pengertian software aplikasi secara praktis tentu saja Anda bingung dengan instruksi tersebut. Tetapi akan berbeda ceritanya jika Anda sudah mengetahui pengertian sofware aplikasi secara praktis ini. Anda tidak akan ragu melaksanakannya karena Anda sudah tidak asing lagi.
Menguasai program software aplikasi bisa meringankan pekerjaan Anda, bahkan menguasai program software aplikasi bisa mengembangkan kreatifitas dan keterampilan Anda dalam mengolah gambar lewat program software aplikasi multimedia. Jika kita melihat foto yang diedit dengan sangat apik, pasti terpikir jika yang membuat itu adalah orang yang sangat ahli, padahal foto tersebut dibuat dengan menggunakan program software aplikasi. Jadi, di sini kita bisa melihat lagi-lagi pengertian software aplikasi dari segi praktis bisa kita gunakan untuk berbagai keterampilan. Edit foto merupakan sebagian kecil dari keterampilan yang memerlukan pengertian software aplikasi yang baik.
 

Pengertian Software Aplikasi – Seluk Beluk Software Aplikasi

Ada yang masih bertanya-tanya apa itu pengertian software aplikasi? Sudah membaca banyak referensi masih belum mengerti juga? Berarti Anda termasuk orang yang bisa memahami sesuatu melalui contoh, demikina halnya untuk memahami pengertian software aplikasi ini. Melalui contoh beberapa program software aplikasi, orang dengan tipe ilustrasi tersebut akan mengerti bagaimana pengertian software aplikasi.
Contoh program software aplikasi ini bisa membantu Anda untuk lebih memahami apa itu pengertian software aplikasi. Terutama bagi Anda yang termasuk orang istilahnya gaptek atau gagap teknologi, sebaiknya perbanyak pemahaman Anda mengenai pengertian software aplikasi melalui produk perangkat lunak untuk aplikasi komputer. Mau tahu apa saja perangkat lunak untuk aplikasi komputer sebagai upaya pemahaman kita terhadap pengertian software aplikasi? Berikut beberapa jenis perangkat lunak yang terdapat di pasaran untuk aplikasi komputer:
  • Perangkat lunak hiburan. Beberapa contoh dari software ini, yaitu winamp untuk mendengarkan musik, games, dan sebagainya untuk hiburan. Selain Winamp juga ada iTunes, QuickTime, dan Multimedia Player. Perangkat lunak ini bisa Anda gunakan untuk menyalurkan hobi Anda mendengaran musik atau lagu.
  • Perangkat lunak pendidikan. Berguna untuk mempelajari atau mereferensikan tentang pendidikan atau pengetahuan. Anda pernah melihat program aplikasi edugames? Nah, aplikasi edugames tersebut merupakan salah satu contoh perangkat lunak atau software aplikasi pendidikan. Bisa juga aplikasi pelajaran bahasa Inggris dan kamus bahasa asing.
  • Perangkat lunak bisnis. Software ini berguna untuk aplikasi bisnis, contohnya untuk menangani utang piutang, pencatatan barang, dan sebagainya. Bisa juga perangkat lunak ini digunakan untuk membuat grafik atau trafik penjualan ataupun polling nilai jual pasar dan sebagainya yang berhubungan dengan dunia bisnis.
  • Perangkat lunak khusus. Pengertian software aplikasi bisa kita ketahui dari perangkat lunak khusus ini. Anda tentu tahu dengan lembaga atau agensi keamanan yang digambarkan dalam film-film hollywood? Misalnya FBI, CSI, tentu merekaa menggunakan software aplikasi khusus yanng berbeda dengan software aplikasi pada umumnya. Misalnya perangkat lunak untuk data pencarian orang, atau data tindak kriminal baik dalam negara maupun di luar negara.
  • Perangkat lunak produktivitas kerja. Pengertian software aplikasi juga bisa kita pahami dari berbagai program aplikasi produktivitas kerja. Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, para desain grafis, desain interior, arsitek, editing foto memerlukan perangkat lunak untuk produktifitas kerja, seperti multimedia.

Pengertian Software Aplikasi – Aplikasi Software untuk Produktifitas Kerja

Kita sudah mengetahui apa saja contoh dari software aplikasi untuk produktifitas kerja seperti yang telah di sebutkan di atas. Namun kita masih bingung bagian mana saja dari profesi yang di sebutkan di atas itu berperan. Dengan kata lain bagian-bagian dalam produksi mana saja yang menggunakan software aplikasi ini.
Pengertian software aplikasi pada software produktivitas kerja yang lainnya juga bisa kita lihat dalam uraian di bawah ini. Berikut  ada pengertian software apliksi untuk menunjang produktifitas kerja selain yang disebutkan di atas, dan kita juga bisa melihat bagian-bagian mana saja yang memerlukan software aplikasi tersebut:

Word processing

Word processing disebut juga pengolah kata untuk membuat dokumen. Berguna untuk memformat teks sehingga teks lebih rapi, misalnya rata kanan-kiri dan sebagainya.
Gramer checker digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan tata bahasa.Thesaurus adalah untuk mencari padanan kata.

Spreadsheet

Spreadsheet berupa sekumpulan sel yang khas. Setiap sel terdiri dari nama baris dinyatakan dengan angka dan nama kolom dinyatakan dengan huruf.
Beberapa contoh nama spreadsheet, yaitu Claris Resolve dari Claris Corporation, excel dari Microsoft, lotus 1-2-3 dari Lotus. Development Corporation, QuatroPro dari Novel Corporation, StarOffice Calc dari Sun Microsystems.

Desktop Publishing

Biasanya digunakan untuk mencetak kartu undangan. Cocok sekali bagi yang ingin membuka usaha percetakan, karena ia bisa menggabungkan metode dari perangkat lunak yang lain.
Contoh nama dari program desktop publishing, yaitu corel draw, frame maker, indesign, ventura, dan lain-lain.

Presentasi Grafik

Software ini biasanya digunakan untuk membuat bahan presentasi grafik sehingga pembuatan bahan presentasi mudah dan cepat. Anda juga bisa menambahkan fitur-fitur penambah cantiknya bahan presentasi Anda.
Contoh aplikasi ini adalah dengan menambahkan gambar animasi atau bahkan menambahkan video untuk ditayangkan guna memperjelas bahan presentasi. Contoh nama software ini adalah StarOffice Impress, FreeLance Grafics, Power Point, dan lain-lain.

Komunikasi    

Software ini berfungsi untuk berkomunikasi antar orang melalui e-mail (electronic-mail), atau disebut juga dengan surat elektronik. Beberapa contoh nama software email ini adalah Perfect Office, Kmail, OutLook Express, Netscape messenger, dan lain-lain.

Personal Information Manager (PIM)

PIM sangat berguna untuk mengelola informasi pribadi, seperti tugas, jadwal, rekanan atau klien dan juga keuangan. Beberapa contoh dari software ini adalah commence, computer organizer, lotus organizer, Microsoft outlook.

Manajemen Data

Software manajemen data disebut juga dengan DBMS (Database Management System). DBMS berguna untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data agar lebih cepat dan tepat.
Beberapa contoh nama DBMS, yaitu access dari Microsoft Corporation, paradox, visual Dbase, visual express, dan visual foxpro. DBMS memiliki fitur yang canggih sekali, misalnya mampu menyediakan fasilitas keamanan bagi pengakses yang tidak  berwewenang.
Begitu banyak istilah yang dapat kita pelajari dari berbagai komponen pengertian software aplikasi. Program software aplikasi tersebut sangat bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan kita, terutama bagi mereka yang berkecimpung di dunia pemograman. Semoga bermanfaat.
Tolong SHARE
artikel ini
Nama:
Email:
Komentar:
    
Catatan : Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, jangan menggunakan terlalu banyak singkatan seperti SMS. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.
blestanor
06-11-2012
Ini artikel nya di buat tanggal, bulan dan tahun berapa, tolong cantumkan

imansoleh
05-11-2012
Sangat menarik

Rizta E.F Sompotan
08-10-2012
Baguuuss...

ade irma
18-09-2012
Mkci, krna sya mnjadie mgrtie arti.na aplikasi

deckha
06-09-2012
Sy akan s'lalu mngunjungi situs yg b'manfaat ini

Dicky
30-08-2012
Terimakasih saya mengerti tentang pengertian aplikasi :d

ilham
28-08-2012
Makasih

tian
11-07-2012
Mks

fauzan cahya r
13-06-2012
>apa sih macam-macam sofware aplikasi yang bersifat khusus...
>aku sedang ngerjain tugas nie..!
tolong kirim balik ke emailku ya..!
terimakasih..

kok tidak bisa diblok sih, padahal mau dicopy buat dipelajari
15-05-2012
Kok tidak bisa diblok sih? padahal mau dicopy paste buat dipelajari.

fitra wati
13-05-2012
Aq mau minta tlong rpp smk aplikasi perangkat lunak yang lengkap

Radila
05-05-2012
Contohnya ada ga ? mau dong :p

balhec
16-04-2012
Lanjutkan mba hira

Gaby
13-04-2012
Terima kasih atas pengetahuannya...

yuli supriyanto
13-04-2012
Coba yang lain lagi ada ga

nasri
11-04-2012
Terima kasih atas pengetahuan yang telah saya baca

tomy
09-04-2012
Sanggat bagus,karna muda d" pahami dan d"pelajari,,
dan menambah wawasan kita lebih dalam lg tuk mempelajari isi dari software dan kegunaan nya,,

raema..
31-03-2012
Kerenn.. :)

al fauzi
27-03-2012
Thank you...............

bayu
27-02-2012
Makasih ya omm.

dedi
24-02-2012
Maksih y kak

Rudini Amrullah
23-02-2012
Thanks,,,,

Ms yanto
20-02-2012
Ikut gabung

Kristian Kondo
11-02-2012
Makasih yahh,,
artikelnya,,jdi saya bsa bnyk tau dehh..

thnks..!
gbu...

Nanda
07-02-2012
Mkasih atas informasinya gan !
thankzn :d


[12 | Next>> | Last
 

1 komentar:

  1. saya telah membaca juga menelusuri berbagai artikel yang ada disini memang banyak content yang bermanfat bagi saya, tak heran bila pengunjung blog ini ramai seperti situs forum yang sudah ternama? salam sukses

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About